Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress

Adapun macam-macam AC adalah sebagai berikut:

AC Split Wall

Pada AC jenis split komponen AC dibagi menjadi dua unit yaitu unit indoor yang terdiri dari filter udara, evaporator dan evaporator blower, expansion valve dan controll unit, serta unit outdoor yang terdiri dari compresor, condenser, condenser blower dan refrigerant filter. Selanjutnya antara unit indoor dengan unit outdoor dihubungkan dengan 2 buah saluran refrigerant, satu buah untuk menghubungkan evaporator dengan compressor dan satu buah untuk menghubungkan refrigerant filter dengan expansion valve serta kabel power untuk memasok arus listrik untuk compressor dan condenser blower.

Kelebihan AC split Wall :

Bisa dipasang pada ruangan yang tidak berhubungan dengan udara luar, misalnya pada ruangan yang posisinya di tengah pada bangunan Ruko, karena condenser yang terpasang pada outdoor bisa ditempatkan yang berhubungan dengan udara luar jauh dari ruangan yang didinginkan. Suara didalam ruangan tidak berisik.

Kekurangan AC split Wall:

Pemasangan pertama maupun pembongkaran apabila akan dipindahkan membutuhkan tenaga yang terlatih.
Pemeliharaan/perawatan membutuhkan peralatan khusus dan tenaga yang terlatih.
Harganya lebih mahal.

AC Cassette

Jenis AC Cassette ini, indoornya menempel di plafon. jenis AC Cassette dengan berbagai ukuran mulai dari 1.5 pk sampai dengan 6pk. Cara pemasangan ac ini memerlukan keahlian khusus dan tenaga extra, tidak seperti memasang ac rumah atau ac split, yang bisa dipasang sendirian.

AC Split Duct

AC Split Duct merupakan AC yang pendistribusian hawa dinginnya menggunakan Sistem Ducting. Dengan kata lain AC Split Duct tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik. Tipe AC ini biasanya digunakan di Mall atau gedung-gedung yang memiliki ruangan luas.

AC Split Duct tidak pernah terlepas dari sistem Ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin ataupun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang, dan perawatan.

Kelebihan:

Suara didalam ruangan tidak berisik sama sekali. Estetika ruangan terjaga, karena tidak ada unit indoor.

Kekurangan:

Perencanaan, instalasi, operasi dan pemeliharaan membutuhkan tenaga yang betul-betul terlatih. Apabila terjadi kerusakan pada waktu beroperasi, maka dampaknya dirasakan pada seluruh ruangan. Pengaturan temperatur udara hanya dapat dilakukan pada sentral cooling plant. Biaya investasi awal serta biaya operasi dan pemeliharaan tinggi.

AC Inverter

AC Inverter merupakan jenis AC Split yang menggunakan teknologi inverter. Inverter yang terdapat di dalam unit AC merupakan alat/komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik. Disini inverternya terdiri dari Rectivier dan Pulse-width modulator, dengan menggunakan inverter motor listrik menjadi variable speed, kecepatannya bisa diubah-ubah atau disetting sesuai dengan kebutuhan. Jadi, dibandingkan AC Split biasa, type AC Inverter lebih hemat listrik ± 60%.

AC Floor Standing

AC Floor Standing atau disebut juga ac portable merupakan AC yang unit indoornya berdiri/duduk dan bisa dipindah-pindah sesuai dengan keinginan kita. Unit AC ini memiliki daya 3 pk – 5 pk, dan kebanyakan dipakai untuk acara-acara indoor yang memerlukan unit pendingin secara mendesak. Karena simple dan mudah dibawa kemana-mana, maka banyak orang yang menyewakan model AC jenis ini.

AC VRV

AC VRV memiliki satu unit outdoor dan beberapa unit indoor dengan berbagai tipe seperti split wall, cassete, floor standing, dll. VRV = Variable Refrigerant Volume merupakan sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. Sistem VRV adalah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Sentral, AC Split, atau AC Split Duct. Jadi dengan Sistem VRV, satu outdoor bisa digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi.http://www.acrilicac.com/jenis-dan-macam-macam-ac/

Dampak Positif dan Negatif Air Coditooner

Dampak Positifnya

Untuk menyejukkan ruangan atau mendinginkan ruangan Dapat menyaring udara kotor yang masuk

Dampak Negatifnya

Menyebabkan Global Warming / pemanasan global karena freon dapt menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon. Tagihan listrik naik, Pemakai AC juga mengalami kerugian antara lain, kulit dan rambut menjadi kering karena penggunaan AC / Sparepart AC yang terlalu sering

Pemecahan Masalah

Membeli AC dengan bahan freonnya menggunakan hidrokarbon, sehingga mengurangi efek global warming Sebelum membeli AC, sebaiknyja tentukan kapasitas AC (PK) untuk menghemat pemakaian listrik sehingga tagihan listrik tidak naik secara signifikan.

CARA MERAWAT AC

Hendaknya saat melakukan pembelian AC tanyakan terlebih dahulu ukuran AC yang sesuai dengan tempat yang akan di beri AC, hal ini agar udara akan sesuai dengan yang diinginkan yaitu tidak terlalu dingin atau malah kurang dingin, biasanya di tempat penjual AC akan ada ahli yang untuk konsultasi. Namun umumnya ukuran AC antara 0,5 – 2 PK.
Hendaknya ruangan harus rapat sebelum menyalakan AC, karena apabila ruangan tidak rapat maka, AC akan bekerja lebih keras dan panas dan ruangan juga tidak sejuk secara maksimal. Jadi hendaknya tutup semua jendela, pintu dan yang bisa menyebabkan udara luar masuk.
Apabila AC sudah tidak digunakan atau dimatikan, maka hendaknya biarkan udara luar atau segar masuk, buka lebar-lebar jendela atau pintu agar pergantian udara menjadi lebih maksimal. Jika hendak bepergian jauh atau lama , hendaknya AC dimatikan. Usahakan untuk menggunakan fasilitas timer ketika menyalakan AC, tentunya sesuai kebutuhan, misalnya 1 , 2, 3,… atau kalau bisa maksimal 5 jam. Jika setelah 5 jam maka biarkan AC mati untuk mendinginkan mesin, setelah itu AC bisa dinyalakan lagi jika diperlukan.
Untuk bagian dalam AC (indoor) hendaknya dilakukan pembersihan secara rutin misalnya 1 bulan sekali jika kondisi udara tidak terlalu keruh, namun jika kondisi udara terlalu keruh baiknya setiap sebulan 2 kali.
Di dalam unit Indoor terdapat sebuah gas freon yang bisa menyebabkan AC dingin, jika Freon mengalami bocor atau pengurangan, maka AC menjadi tidak dingin, hendaknya setiap 6 bulan perlu dilakukan pengecekkan oleh ahli yang berpengalaman. Begitu juga untuk bagian outdoor yang langsung beraada di udara luar, maka hendaknya di bersihkan secara rutin agar debu tidak menempel dan mengganggu sirkulasi udara segar.
Hendaknya tidak terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius, karena ibarat sebuah mesin mobil atau motor , gas di maksimalkan, jadi mesin akan cepat panas.

9. Remote kontrol hendaknya dijaga agar tidak jatuh dan terkena air, karen remote menjadi sangat penting untuk mengontrol AC.

Begitu banyak jenis AC, maka tidak bisa sembarangan dalam meintenance dan service AC karena setiap jenis AC memerlukan keahlian yang berbeda, kami dari alphanet team siap membantu dalam maintenance dan service berbagai jenis AC.